free hit counters
 

Dalam 1 Tahun, Ada 4.000 Warga Jerman Bersyahadat

Redaksi – Jumat, 8 Januari 2021 09:26 WIB

Eramuslim.com -Pembicaraan mengenai Islam dan komunitas Muslim di negara-negara Barat kini menjadi salah satu topik menarik. Di sebagian besar negara Eropa, Islam bahkan telah menjadi agama terbesar kedua dan keberadaanya mulai diperhitungkan sebagai agama yang diakui pemerintah.

Salah satu negara Eropa yang memiliki penduduk Muslim yang besar adalah Jerman, dengan jumlah berkisar 4,7 juta jiwa orang atau sekitar 5,7 persen dari total populasi Jerman yang sebesar 83 juta jiwa. Keberadaaan orang-orang Islam pertama di Jerman tidak terlepas dari masuknya bangsa Turki pada akhir abad ke-17.

Orang-orang Muslim dari Turki menetap dan berketurunan di wilayah tersebut. Ketika bangkitnya industri-industri di Eropa, warga Muslim dari Turki dan Timur Tengah semakin banyak yang bermigrasi untuk mencari pekerjaan ke Eropa, termasuk Jerman.

Pada 1961, 1963, dan 1965 orang-orang keturunan Turki, Maroko, dan Tunisia direkrut sebagai pekerja di Jerman atas persetujuan antara pemerintah Jerman dengan negara-negara bersangkutan. Di samping itu, warga Muslim dari Lebanon, Palestina, Afghanistan, Aljazair, Iran, Iran dan Bosnia juga datang ke Jerman untuk mengungsi lantaran negara mereka dilanda perang.

Sebagai negara maju, Jerman juga menjadi target bisnis dan pendidikan. Banyak para profesional, pebisnis, pekerja dan mahasiswa Muslim yang datang ke Jerman, dan sebagian kemudian menetap di sana. Berdasarkan data statistik pada 1999, umat Islam di Jerman berasal dari Turki, Bosnia, Iran, Marokko, Afghanistan, Libanon, Pakistan, Tunisia, Suriah, Aljazair, Irak, Mesir, termasuk dari Indonesia.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Dunia Islam Terbaru