Dalam Sepekan , Kota Ramadi dan Palmyra Direbut Daulah Islam

ISIS-propaganda-video-AFPEramuslim.com_ Daulah  Islam telah menguasai sebagian besar kota Palmyra Suriah pada hari Rabu, menandai kemenangan  strategis keduanya yang signifikan sepanjang  sepekan  terakhir .

Aktivis dan media pemerintah Suriah mengatakan pasukan pro-pemerintah telah ditarik dari kota sekitar 130 mil timur laut dari Damaskus setelah tidak berhasil bertahan hadapi serangan dalam sepekan oleh Daulah Islam . Begitu pun Penjara Tadmor , di mana sejumlah tahanan politik anti-rezim Assad yang dipenjara, telah dibebaskan oleh mujahidin Daulah Islam , kata aktivis.

Menguasai kota itu menjadi keuntungan bagi Daulah  Islam untuk mencapai ibukota Suriah , dan juga Daulah Islam merebut kota  Ramadi pada akhir pekan lalu yang menjadi akses potensial untuk menguasai ibukota Irak . Kemajuan oleh Daulah  Islam menunjukkan kemampuan kelompok tersebut untuk terus mengambil wilayah, meskipun  serangan udara ofensif koalisi pimpinan AS yang sudah berlangsung 10 bulan..

Bentrokan di Kota Palmyra  berlanjut menuju markas intelijen militer Assad di kota itu, sementara pejuang Negara Islam telah mengepung bandara militer dan menyita beberapa depot logistik senjata.

Seorang aktivis di Palmyra juga mengkonfirmasi berita itu , yang untuk alasan keamanan menggunakan nama samaran Ahmed al-Homsi mengatakan Negara Islam juga telah membebaskan tahanan dari Tadmor. (JL/KH)