Demo Anti-Masjid, Polisi Tangkap Tokoh Pemuda BNP

Kepolisian Thames Valey menangkap Kieren Trent, ketua departemen pemuda British National Party (BNP) dan menyita komputer pribadinya.

Berita penangkapan Trent dilansir sebuah situs milik para aktivis sayap kanan di Inggris. Menurut situs itu, Trent ditangkap setelah melakukan aksi demonstrasi terhadap anggota dewan kota Wolverton, Milton Keynes karena menyetujui dan memberi izin pembangunan masjid di Bletchley. BNP sejak lama menentang rencana pembangunan masjid tersebut, dan Trent sering memimpin aksi demonstrasi menolak pembangunan masjid itu.

Trent dan beberapa demonstran lainnya ditangkap polisi dengan tuduhan mengganggu ketentraman publik dan berdasarkan aturan yang terdapat dalam pasal 5 "Publick Order Act". Jika tuduhan ini terbukti, Trent akan dikenakan sanksi denda.

Trent adalah aktivis BNP yang gagal terpilih menjadi anggota dewan di Milton Keynes dalam pemilu lokal tahun lalu. Ia terlibat dalam sebuah bentrokan disertai aksi kekerasan dengan kelompok anak muda asal Asia, beberapa hari sebelum pelaksanaan pemilu. Keterlibatannya dalam bentrokan itu terekam dalam kamera video dan diunggah ke situs Youtube. Ia terlihat menonjok dan menendang seseorang dalam rekaman video itu, tapi Trent tidak pernah diproses secara hukum atas tindakannya tersebut. (ln/IW)