Deputi Menteri Israel Lakukan Pertemuan Pribadi dengan Tokoh Neo-Nazi Jerman

Deputi Menteri Israel Ayoob Kara bertemu dengan Patrik Brinkmann, konglomerat Jerman yang disebut-sebut memiliki hubungan dengan sejumlah kelompok neo-Nazi. Brinkmann yang keturunan Swedia, juga sedang mengupayakan berdirinya partai anti-Islam di Jerman.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Berlin akhir pekan kemarin, Brinkmann mengklaim dirinya bukan orang yang anti-Yahudi (anti-Semit). Namun Brinkmann pernah berhubungan dekat dengan Partai Neo-Nazi (NPD) di Jerman dan pernah menjadi anggota partai neo-Nazi lainnya.

Brinkmann juga menyalurkan sebagian besar kekayaannya untuk dua yayasan riset yang juga berafiliasi dengan elemen-elemen neo-Nazi di Jerman. Badan intelijen Jerman bahkan menyatakan bahwa para mantan anggota senior NPD dan anggota kelompok neo-Nazi lainnya juga anggota dari salah satu yayasan yang didirikan Brinkmann.

Konglomerat Jerman itu kemudian mendukung gerakan Pro NRW, sebuah partai anti-Islam. Secara terbuka Brinkmann mengungkapkan ketidaksenangannya jika hukum syariah dikenalkan di Jerman, dan ia bersumpah untuk membangun sebuah partai anti-Islam yang kuat di Jerman. Tahun 2010, Brinkmann meninggalkan Pro NRW, sebagai bentuk protes sikap anti-Semit partai tersebut, tapi masuk kembali awal tahun 2011 ini. Sekarang, Brinkmann menjadi ketua Partai Pro NRW cabang Berlin.

Beberapa bulan yang lalu, Brinkmann berkunjung ke Israel dan bertemu dengan Kara. Ia menyatakan akan mempromosikan salah satu yayasannya di Israel.

Namun pertemuan pribadi antara Kara dan Brinkmann di Berlin akhir pekan kemarin, tak pelak menuai kontroversi. Kedutaan Besar Israel di Berlin dan Wina bahkan mengeluarkan peringatan atas pertemuan itu. "Bahkan, jika pertemuan ini adalah upaya untuk menciptakan front anti-Islam di Eropa, tapi ada beberapa elemen yang ingin mendapatkan dukungan Israel tapi tidak mau mengubah pandangan anti-Semit mereka," demikian pernyataan resmi pemerintah Israel.

Sementara Kara mengakui pertemuannya dengan Brinkmann semata-mata untuk mempromosikan kebijakan luar negeri Israel dan untuk keperluan damai. Kara mengaku tidak tahu menahu soal hubungan Brinkmann dengan gerakan kelompok neo-Nazi di Jerman. (kw/Ynet)