Waspada Air Zam-Zam Palsu

Umat Islam harus berhati-hati dan waspada terkait dengan kemungkinan adanya air zam-zam palsu yang di jual di dalam botol, khususnya di Inggris.

Permintaan air zam-zam di Inggris semakin meningkat menjelang masuknya bulan suci Ramadhan yang diperkirakan jatuh pada tanggal 22 Agustus nanti.

Namun pada hari Kamis yang lalu, dewan Wandsworth mengeluarkan sebuah peringatan kesehatan bagi masyarakat setelah mereka melakukan test yang mengungkap adanya air zam-zam palsu yang berisi dua kali kadar arsenik yang diizinkan dan tiga kali lipat kadar nitrat yang terkandung dalam air zam-zam palsu tersebut.

Mengkonsumsi air zam-zam palsu itu dapat berakibat mematikan bagi anak-anak dan wanita hamil, kata salah seorang juru bicara dewan.

Dia mengatakan :"Arsenik adalah racun yang mematikan dan dapat masuk ke dalam tubuh melalui kontak dengan kulit.

"Dalam dosis tinggi dapat mengakibatkan kegagalan multi organ tubuh, kerusakan otak dan kematian. Dalam dosis kecil dapat menyebabkan kanker.

"Keracunan nitrat sangat berbahaya bagi bayi dan ibu hamil, serta dapat meracuni darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Ini juga dapat mengakibatkan kerusakan otak dan kematian."

Air zam-zam asli berasal dari sumur zam-zam di kota suci Mekkah.

Pemerintah Arab Saudi telah melarang ekspor secara komersil air zam-zam dari kerajaan Saudi dan di bawah undang-undang Saudi air zam-zam tidak bisa diual secara bebas di luar negeri.

Namun perdagangan air zam-zam palsu marak secara global.

Biasanya air zam-zam yang asli dibawa ke Inggris oleh para jamaah yang baru kembali dari ibadah haji.(fq/ylg)