Di PBB Erdogan Angkat Nasib Muslim Rohingya dan Suriah

“Turki tidak dapat acuh tak acuh terhadap tragedi orang-orang ini yang kita lihat sebagai saudara dan saudari kita terlepas dari asal usul atau kepercayaan mereka dan kepada siapa kita terhubung dengan ikatan sejarah yang mendalam,” tegasnya.

Erdogan menekankan, bagaimanapun, bahwa Ankara belum mendapat dukungan yang memadai dari masyarakat internasional atas kontribusinya terhadap tanggapan pengungsi Suriah.

Dia mengatakan Uni Eropa mengirim 820 juta dari 6 miliar euro yang dijanjikan, sementara sumbangan melalui PBB tetap sebesar $ 520 juta. Tidak ada yang masuk ke anggaran pemerintah, katanya, tapi malah langsung diserahkan ke mereka yang membutuhkan.

“Sebelum seluruh dunia, saya dengan ini menyerukan kepada negara-negara dan organisasi internasional, yang telah meletakkan semua beban 3,2 juta orang di bahu Turki, untuk memenuhi janji yang telah mereka buat,” kata presiden.

Dengan bantuan kemanusiaan dan pembangunan senilai $ 6 miliar pada tahun 2016, Turki menduduki peringkat sebagai donatur terbesar kedua di dunia dan merupakan penyumbang utama dalam hal Produk Nasional Bruto, menurut statistik dari Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD).(jk/anadolu)

https://m.eramuslim.com/resensi-buku/167492.htm