Dikritik Berfoto dengan Erdogan, Oezil Pensiun dari Timnas Jerman

Eramuslim.com – Mesut Oezil secara mengejutkan memutuskan untuk gantung sepatu dari tim nasional Jerman. Diperlakukan rasis yang didapat dari Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) merupakan penyebabnya.

DFB menganggap Oezil sudah mencoreng rasa nasionalismenya usai kedapatan berfoto bersama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan awal Juni lalu. Saat itu Oezil bersama Ilkay Guendogan dan Cenk Tosun yang merupakan keturunan Turki berfoto bersama Erdogan saat dia datang ke Inggris untuk bertemu Perdana Menteri Inggris Theresa May.

Pada pertemuan tersebut, Oezil memberikan kostum klubnya Arsenal yang sudah diberi tanda tangan kepada Erdogan. Guendogan memberi kaus Manchester City dan Tosun memberi jersey Everton. Mereka mengabadikan momen tersebut dengan sebuah foto dan diunggah ke akun Instagram Oezil @m10_official.

Melihat foto tersebut, DFB menilai para pemainnya sudah terlibat dalam kampanye politik Erdogan yang saat itu tengah menyalonkan diri kembali menjadi Presiden. Oezil pun tak habis pikir dengan cara berpikir badan sepak bola tertinggi di Jerman itu. Kekecewaan tersebut dia curahkan dalam cuitan di akun Twitter pribadinya @MesutOzil1088.