Diskriminasi! Rezim Mumbai Robohkan Puluhan Toko Milik Muslim

eramuslim.com – Pihak berwenang di ibukota Mumbai, India telah menggusur beberapa toko milik Muslim setelah adanya pertikaian religius akibat peresmian kuil baru di atas bekas masjid. Kuil baru tersebut pada pekan ini diresmikan oleh Perdana Menteri Narendra Modi.

Bentrokan kecil terjadi pada hari Minggu di beberapa bagian Mumbai, termasuk satu insiden di mana umat Hindu yang meneriakkan slogan-slogan keagamaan melewati lingkungan Muslim di pinggiran kota.

Tidak ada korban luka serius yang dilaporkan dalam bentrokan tersebut, namun pada hari Selasa, pihak berwenang telah memanggil ekskavator untuk merobohkan lebih dari puluhan ruko milik warga Muslim di daerah tersebut, menurut laporan media setempat.

Malam berikutnya, 40 toko lainnya dirobohkan di Mohammed Ali Road, sebuah jalan utama di pusat kota dan pusat perdagangan Muslim setempat yang juga mengalami bentrokan pada akhir pekan.

“Kami sedang melakukan pembersihan jalan dimana beberapa pedagang asongan dan sebagainya dipindahkan,” kata seorang petugas kota setempat, yang menolak disebutkan namanya, kepada AFP pada hari Kamis.

Sejumlah pedagang dari berbagai agama sering membangun etalase sementara dari kanvas dan kayu untuk melindungi bisnis dan pelanggan mereka dari teriknya sinar matahari dan hujan musim hujan.

Para pejabat kota mengatakan kepada media lokal bahwa tindakan ini “rutin” dan telah direncanakan sebelum bentrokan pada hari Minggu dan bertujuan untuk membersihkan perambahan ilegal dan memperlancar lalu lintas pejalan kaki.

 

Beri Komentar