free hit counters
 

Dituduh Ancam Staf Jyllands-Posten, Swedia Ekstradisi Sabhi Zalouti

Magdalena – Rabu, 1 Jumadil Awwal 1432 H / 6 April 2011 15:28 WIB

Pengadilan Swedia memutuskan untuk mengekstradisi Sabhi Zalouti–warga Swedia keturunan Tunisia–ke Denmark untuk menjalani persidangan di negara itu terkait kasus "rencana pembunuhan" terhadap staf harian Jyllands-Posten.

Zalouti, 37, ditangkap di Stockholm pada Desember 2010. Ia didakwa "merencanakan tindakan terorisme." Zalouti bersama tiga orang rekannya–dua diantaranya warga negara Swedia ditangkap terlebih dulu dan sekarang di tahan di Denmark–dituduh merencanakan pembunuhan sebanyak mungkin staf harian Jyllands-Posten, koran Denmark yang memublikasikan kartun yang melecehkan Nabi Muhammad Saw.

Namun rencana pembunuhan yang ditengarai terkait dengan pemublikasian kartun Nabi pada tahun 2005 itu terbongkar, dan Zalouti menjadi buronan polisi Denmark.

"Sabhi Zalouti akan dikirim ke Denmark untuk menjalani proses hukum, berdasarkan perintah penangkapan yang dikeluarkan oleh kementerian kehakiman Denmark pada 9 Maret 2011," demikian pernyataan pengadilan distrik Attunda, Stockholm.

Pihak pengdilan menunjukkan dokumen-dokumen yang menyatakan bahwa Zalouti sudah setuju dengan putusan tersebut, bahwa ia akan diadili di Denmark tapi akan menghabiskan masa hukumannya di Swedia. (ln/thelocal)

Dunia Islam Terbaru