free hit counters
 

Dituduh Radikal, Imam Ziyad Delic Dilarang Berceramah di Kanada

Al Furqan – Senin, 24 Syawwal 1431 H / 4 Oktober 2010 12:19 WIB

Muslim Kanada gusar dengan keputusan menteri pertahanan Kanada yang melarang ceramah yang disampaikan oleh Imam Ziyad Delic yang dijadwalkan akan berpidato hari Senin ini (4/10).

Zijad Delic akan berbicara pada acara perayaan bulan Islamic Heritage di Ottawa, Senin ini. Imam adalah seorang akademisi dan seorang ‘moderat’ dan dikenal karena kebencian nya terhadap radikalisme.

"Menteri Pertahanan Kanada Peter MacKay telah membatalkan ceramah Ziyad Delic yang juga merupakan direktur eksekutif dari Kongres Islam Kanada dalam perayaaan bulan Islamic Heritage di markas Pertahanan Nasional Ottawa pada hari Senin," kata Harun Khan, seorang perwakilan dari asosiasi Pakistan-canada.

"Tampaknya pemerintah Kanada saat ini telah kembali menyerah terhadap tekanan dari kelompok-kelompok kepentingan yang didedikasikan untuk menutup gerak langkah Imam Zijad Delic," katanya.



"Imam Zijad Delic dan Kongres Islam Kanada dituduh telah menyebarkan pandangan ekstremis. Sambutan yang dibuat oleh Imam sebelumnya tentang konflik Israel-Palestina telah diambil keluar dari konteks dan dikaitkan dengan Imam dan organisasi kongres Islam Kanada. Tuduhan terhadap Imam sama sekali ‘tak berdasar’."

"Sebagai seorang keturunan Muslim Bosnia Imam Ziyad Delic baru-baru ini menulis dengan fasih tentang perlunya kebenaran dan rekonsiliasi untuk menyembuhkan luka yang timbul dari konflik berdarah di negara leluhurnya, sesuatu yang ia merasa harus diterapkan untuk semua konflik yang dihadapi saat ini. Imam Delic adalah seorang penandatangan dalam fatwa baru-baru ini yang berasal dari Kanada yang melarang Terorisme yang ia anggap sebagai penghinaan terhadap Islam," tambah Khan.

"Sebagai warga Kanada ia terus membangun jembatan toleransi dan pengertian dengan menekankan nilai-nilai bersama umat Islam dan orang-orang dari semua agama dan budaya dan menyatakan perlunya keterlibatan lebih dari umat Islam di semua bagian dari kehidupan di Kanada," kata Khan tentang Imam yang dianggap sebagai imam radikal oleh sebagian orang.

Menteri Pertahanan Peter McKay sendiri belum memberikan alasan mengapa ia melarang Imam diundang dan berbicara dalam acara tersebut.(fq/vancouverite)

Dunia Islam Terbaru