free hit counters
 

El Baredei Mundur Dari Jabatan, Tidak Sepakat Dengan Tindakan Militer

Redaksi – Kamis, 7 Syawwal 1434 H / 15 Agustus 2013 05:20 WIB

baredeiWakil Presiden Mesir , Mohammad ElBaradei mengundurkan diri pada hari Rabu mengatakan ia tidak bisa menanggung tanggung jawab atas keputusan (Pembubaran demonstrasi yang memakan banyak korban).

Pengunduran diri ElBaradei muncul setelah lebih dari  ratusan orang tewas dalam tindakan keras oleh pasukan keamanan untuk membersihkan protes oleh pendukung Presiden terguling Mohammad Mursi.

Dalam surat pengunduran diri kepada Presiden Interim Adly Mansour, ElBaradei mengatakan bahwa “manfaat dari apa yang terjadi saat ini adalah orang-orang yang melakukan kekerasan, terorisme dan kelompok-kelompok paling ekstrim.”

ElBaradei, mengatakan “ada cara yang lebih damai” untuk memecahkan krisis di negara itu.



“Seperti yang Anda tahu, saya melihat bahwa ada cara-cara damai untuk mengakhiri bentrokan di masyarakat, ada solusi yang diusulkan dan dapat diterima untuk awal yang akan membawa kami ke konsensus nasional,” dia mengatakan dalam suratnya.

Dia menambahkan: “Hal ini telah menjadi sulit bagi saya untuk terus yang bertanggung jawab atas keputusan yang saya tidak setuju dengan dan yang konsekuensinya saya sangat takut terjadi . Saya tidak bisa menanggung tanggung jawab untuk satu tetes darah (yang tumpah). “

Sementara itu, Fahmy Tareq, profesor Hubungan Internasional di Universitas Kairo, mengatakan kepada Al Arabiya bahwa pengunduran diri Baradei itu tidak akan mempengaruhi peta jalan politik yang diresmikan oleh militer.

Pekan lalu, Mesir mengatakan upaya oleh utusan internasional untuk menemukan solusi bagi krisis negara itu telah gagal. (Arby/Dz)

Dunia Islam Terbaru