Erdogan Buka Suara Soal Oezil

Eramuslim.com – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akhirnya buka suara soal hujatan rakyat Jerman kepada Mesut Oezil dan Ilkay Guendogan karena bertemu dengannya. Ia menilai ada standar ganda yang dimainkan publik Jerman atas masalah ini.

Oezil dan Guendogan yang berdarah Turki, dikritik habis-habisan setelah foto keduanya dengan Erdogan beredar. Mereka bertemu saat Erdogan melakukan kunjungan ke London, sebelum Piala Dunia Rusia 2018.

Kekalahan Die Mannschaft pada fase grup Piala Dunia menjadi salah satu penyulut masalah itu semakin besar. Erdogan mengaku tidak mengerti dengan penilaian publik Jerman.

Ia beranggapan demikian karena rakyat Jerman tidak semarah itu saat Legenda Der Panzer, Lothar Matthaus, bertemu dan berjabat tangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Putin adalah seseorang yang sangat dibenci publik Jerman karena sepak terjangnya.

“Seperti yang Anda tahu, Lothar Matthaus bertemu dengan Vladimir Putin. Para pemain kami juga harus bisa bertindak dengan hati nurani yang bersih. Saya menyesali orang-orang yang mengkritik itu,” kata Erdogan kepada Funke Mediengruppe, dikutip dari Four Four Two, Rabu (26/9).