Erdogan: Hagia Sophia Adalah Kedaulatan Turki!

Eramuslim.com – Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan, kecaman asing atas rencana perubahan status Hagia Sophia dari museum menjadi masjid merupakan serangan terhadap kedaulatan Turki. Berbicara pada upacara peletakan batu petama masjid di Istanbul, Ahad, Erdogan mengatakan, Turki akan selalu melindungi hak-hak Muslim dan minoritas yang tinggal di negara itu.

Erdogan mengatakan, terdapat 435 gereja dan sinagog di Turki yang digunakan bagi umat Kristen dan Yahudi untuk beribadah. Selama bertahun-tahun, Erdogan telah berulang kali menyarankan mengubah situs warisan dunia UNESCO menjadi masjid lagi.

Pengadilan Turki pada Kamis (2/6) lalu memutuskan untuk menunda keputusan mengubah status Hagia Sophia. Dewan Negara Turki akan membuat keputusan dalam 15 hari setelah sidang.

Sebelumnya, pejabat senior Gereja Orotodoks Rusia tidak terima bahwa status Hagia Sophia sebagai museum akan diubah menjadi masjid. Ketua Departemen Hubungan Eksternal Partriarkat Moskow, Metropolitan Hilarion mengatakan, Gereja Ortodoks Rusia tidak memahami alasan pemerintah Turki mengubah Hagia Sophia menjadi masjid.