Erdogan : “Iran Sangat Bernafsu Untuk Mendominasi Yaman”

erdoganPresiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada hari Kamis melontarkan pernyataan tentang begitu kuatnya aktivitas Iran di Yaman, di mana saat ini Arab Saudi dan sekutunya melancarkan operasi militer terhadap pemberontak houthi yang di sukung oleh Teheran. Erdogan sangat mengecam keinginan Iran untuk menancapkan “hegemoni” di wilayah tersebut.

Erdogan mengatakan, menurut Kantor berita Anatolia, “Kami mendukung intervensi Arab Saudi di Yaman,” dan ia menambahkan bahwa “Iran sedang membuat upaya untuk mendominasi wilayah tersebut, bagaimana hal itu bisa dibiarkan?” Ia menyeru Iran untuk “segera menarik semua pasukannya dari Yaman, Suriah dan Irak.”
Erdogan telah menegaskan “Iran harus mengubah pola pikir mereka, praktik Iran di wilayah tersebut telah melebihi batas, dan perilaku ini telah membuat khawatir Saudi dan negara-negara Teluk.”

Dalam konteks yang sama, Dewan Keamanan Nasional, dari Gedung Putih menyatakan melalui akunnya di Twitter, bahwa Presiden AS Barack Obama telah berbicara dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada hari Selasa,mengenai krisis di Yaman dan perundingan nuklir dengan Iran serta kerjasama dalam memerangi gerakan “ISIS” . (Hr/islammemo)