Erdogan : Mereka Diam Rakyat Mesir dibantai, Mana Eropa, PBB, Ada apa Demokrasi?

erdogannPerdana Menteri Turki Tayyip Erdogan, seorang pendukung vokal  Presiden Mohamed Morsi, mengecam Uni Eropa dan negara lain-lainnya karena gagal untuk mengutuk  pembantaian ratusan orang di Kairo pada hari Sabtu. Mengutuk saja gagal apalagi bertindak.

Pasukan keamanan Mesir menembak mati lebih dari seratus pendukung Mursi pada hari Sabtu, beberapa hari setelah tentara menyerukan mandat rakyat untuk menghapus “kekerasan dan terorisme” dan setelah penghapusan pemerintahan demokratis pertama Mesir pada tanggal 3 Juli.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Catherine Ashton, mengatakan dia “sangat menyesalkan” kematian dan menyerukan penghentian kekerasan.

Namun Erdogan, yang baru-baru telah menghadapi demonstrasi protes jalanan besar di Turki yang menyerukan ia mundur dari  pemerintah , menuduh Uni Eropa standar ganda untuk mempertanyakan penggunaan gas air mata polisi di Turki tetapi sama sekali tidak berkomentar atas kematian akibat penembakan senjata api yang diarahkan kepada para demonstran di Kairo.

“Mereka yang diam ketika kehendak rakyat Mesir dibantai, mereka  diam lagi ketika orang dibantai. Apa yang terjadi dengan Uni Eropa (dan) nilai-nilai Eropa, di mana orang-orang yang berkeliling memberikan pelajaran tentang  demokrasi?” Erdogan mengatakan dalam sebuah pidato berapi api kepada sekelompok pengusaha di Istanbul  yang disiarkan televisi.

“Di mana PBB? Mana mereka yang menciptakan kehebohan ketika Polisi Turki, dengan cara yang sepenuhnya dibenarkan dan sah menurut hukum, air yang digunakan (meriam) dan semprotan merica . dan sekarang (di Mesir) ketika ada kudeta dan pembantaian , kemana mereka?,” katanya. (Peninsula/Dz)