Erdogan: Turki Kembali Temukan Cadangan Gas Baru

Eramuslim.com – Setelah penemuan bersejarah musim panas ini, Turki menemukan cadangan gas alam tambahan di Laut Hitam, ungkap presiden negara itu pada Rabu di ibu kota Ankara. Penemuan itu akan diumumkan secara resmi Sabtu besok dari ladang kapal bor Fatih.

“Kami secara pribadi akan menyaksikan aktivitas di lokasi dan mengumumkan jumlah cadangan baru,” kata Presiden Recep Tayyip Erdogan kepada fraksinya Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) di parlemen Turki.

Pengumuman pada Agustus lalu tentang 320 miliar meter kubik cadangan Laut Hitam oleh kapal bor Fatih membuat Turki “sangat bahagia”, diikuti dengan kabar baik tambahan hari ini, sebut Erdogan.

Menyusul penemuan pada musim panas ini, ketika kapal Fatih menemukan sumur TUNA-1 di Ladang Gas Sakarya, sekitar 170 kilometer di lepas pantai utara Turki, otoritas Turki mengatakan cadangan tambahan mungkin akan segera ditemukan di kawasan tersebut.

Penemuan itu merupakan yang terbesar dalam sejarah Turki. Para pejabat Turki mengatakan gas dari sumur tersebut akan siap untuk digunakan untuk publik pada 2023.

Tanah Azerbaijan dan Armenia

Beralih ke konflik di Kaukasus, Erdogan juga meminta Kelompok Minsk untuk segera mengambil langkah agar wilayah pendudukan di wilayah Karabakh Atas dikembalikan kepada pemiliknya yang sah, Azerbaijan.

“Jika ada hak asasi manusia dan demokrasi di dunia, dan jika Anda bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah ini di OSCE Minsk Group, hal yang harus Anda lakukan adalah menyelesaikan negosiasi ini dan mengembalikan wilayah ini kepada pemiliknya,” kata Erdogan.