Krisis Ekonomi Eropa Menelan 560 Miliar Dollar

Krisis yang melilit Uni Eropa bersamaan dengan ambruknya dan kekacauan yang terjadi di Yunani, maka keputusan para menteri keuangan negeri itu, menyetujui dana penyelamatan yang nilainya mencapai 560 milyar dolar. Sementara itu, IMF (International Monotary Fund), sesudah melalui pembicaraan yang alot dengan sejumlah pejabat Uni Eropa Eropa bersedia menggelontorkan uang sebesar 280 milyar dolar.

Uni Eropa mengalami kekacauan sejak mata uangnya terus menurun, dan sejumlah bursa saham di Eropa jatuh. Kesepakatan itu, tak lama, sesudah sejumlah negara Uni Eropa, tekanan berat di pasar modal, dan akibat bail out yang massif yang dilakukan sejumlah negara Eropa kepada Yunani yang bangkrut.

Para Menkeu yang bertemu di Brussel (Belgia), berusaha menyelamatkan ekonomi Yunani, yang terus di dera krisis, dan menyebabkan kekacauan politik. Sampai hari ini Yunani terus menghadapi krisis politik, akibat aksi-aksi demonstrasi yagn berlangsung di seluruh Yunani, dan disertai anarkis, mengakibatkan negeri itu semakin terpuruk. Negara-negara Uni Eropa dan dibantu oleh IMF berusaha menyelamatkan Yunani.

Dengan kesepakatan yang di capai Senin, IMF bersedia menggelontorkan dana kepada Uni Eropa sebesar 220 miliar euro (280 miliar dolar), guna mencegah krisis lebih luas bagi Uni Eropa. Dibagian lain, Uni Eropa menyumbangkan 440 miliar euro, ujar Menkeu Spanyol Elena Salgado. (m/cnn)