Gates: Pasukan AS Harus Hadapi Perjuangan Berat di Afghanistan

Dalam kunjungan mendadaknya ke Afghanistan, Menteri Pertahanan AS Robert Gates mengakui bahwa pasukan Amerika sedang menghadapi "perjuangan berat" di negara yang dilanda perang tersebut.

Gates terbang ke provinsi Kunar Afghanistan timur, dekat perbatasan Pakistan, pada hari Selasa kemarin (7/12) dan dijadwalkan bertemu Presiden Afghanistan Hamid Karzai pada hari Rabu ini (8/12).

Dia mengatakan kepada wartawan bahwa ketergantungan para pejuang Taliban di tempat persembunyian mereka di perbatasan telah terbukti menjadikan frustrasi berat bagi pasukan pimpinan Amerika.

"Saya pikir orang-orang yang dekat dengan perbatasan melakukan dan menghadapi beberapa tantangan khusus, dan dalam beberapa kesempatan telah mengambil beberapa kerugian serius," kata Gates.

"Tidak ada pertanyaan bahwa mereka berada dalam pertarungan yang sulit," ia menjelaskan lebih lanjut.

Kepala Pentagon ini juga mengangkat pertanyaan-pertanyaan mengenai peran Pakistan dan prospek melemahnya pejuang Taliban di wilayah kesukuan tersebut.

Kunjungan ini datang setahun setelah Presiden AS Barack Obama memerintahkan pengerahan 30.000 pasukan Amerika tambahan ke Afghanistan yang dilanda perang sebagai bagian dari strategi perang baru. Jumat lalu, Obama juga melakukan kunjungan kejutan selama 4-jam di pangkalan udara Bagram.

Hal ini umum bagi pejabat Amerika untuk melakukan kunjungan mendadak ke Irak dan Afghanistan meski ada rasa takut akan tindakan ekstrim dari tindakan teror terhadap mereka, pada saat perasaan anti-Amerika terus naik di kedua negara karena mereka diserang oleh pasukan pimpinan Amerika.

Selama beberapa bulan terakhir, Amerika Serikat telah meminta Pakistan untuk melancarkan serangan darat besar-besaran ke wilayah utara kesukuan, khususnya Waziristan Utara, dalam upaya untuk menghancurkan pejuang Taliban.

Namun sejauh ini, militer Pakistan telah menolak melakukan hal itu, mengatakan bahwa tindakan seperti itu justru akan memicu gelombang baru kerusuhan di wilayah tersebut.(fq/prtv)