Gempa 7,8 SR Kembali Guncang Iran Selasa 16 April 2013

Gempa bumi besar melanda Iran dekat perbatasan dengan Pakistan pada hari Selasa ini dan seorang pejabat Iran mengatakan ratusan orang dikhawatirkan telah tewas.

Getaran dari gempa berkekuatan 7,8 juga dirasakan di India dan negara-negara Teluk.

“Ini adalah gempa terbesar di Iran sepanjang 40 tahun dan kami perkirakan ratusan telah tewas,” kata pejabat, yang berbicara meminta untuk namanya jangan disebut.

Survei Geologi AS mengatakan gempa itu terjadi pukul 05:44 ET pada kedalaman 15,2 km (9,4 mil).

Orang-orang di kota Zahedan bertebaran ke jalan-jalan saat gempa terjadi, kantor berita Iran, Fars mengatakan.

Semua komunikasi di daerah tersebut terputus, Bulan Sabit Merah Iran Mahmoud Mozaffar mengatakan kepada televisi pemerintah. Tim penyelamat telah dikirim ke daerah yang terkena bencana, katanya.

“Sebagai akibat dari gempa ini lima tim evaluasi dari khash dan cabang Saravan dikirim ke daerah itu untuk menilai kerusakan,” kata Mozaffar.

Pusat gempa berada di Iran tenggara di daerah pegunungan dan gurun, 201 km (125 mil) arah tenggara dari Zahedan dan 250 km sebelah barat laut dari Turbat di Pakistan, kata USGS.

Gempa ini juga mengguncang gedung-gedung tinggi di ibukota India New Delhi, menyebabkan orang-orang berlarian ke jalan-jalan, kata saksi. Orang juga dievakuasi dari bangunan di Qatar dan Dubai, kata penduduk.

“Saya bekerja dan stasiun kerja, kemudian  saya tergetar,” kata Viidhu Sekhri, 35, staf pada perusahaan asuransi New Delhi.

Dampak gempa kecil terasa di India – Himalaya wilayah dekat perbatasan Cina.

Seorang pejabat di otoritas manajemen bencana India mengatakan getaran dirasakan di New Delhi dan seluruh India utara adalah karena  dampak gempa di Iran. (Dz/Rts)