Gubernur Afghanistan Lolos dari Serangan Bom

Sebuah serangan bom pada hari Rabu ini (13/7) menghantam iring-iringan gubernur Afghanistan yang melakukan perjalanan ke pemakaman saudara Presiden Hamid Karzai, melukai dua tentara Afghanistan, pemerintah mengatakan.

Gubernur provinsi Helmand, Gulab Mangal, dan kepala intelijen provinsi lolos tanpa cedera, kata sebuah pernyataan resmi serta kata kelompok orang yang menghadiri pemakaman Ahmad Wali Karzai di provinsi Kandahar.

Mangal dan kepala Direktorat Nasional Keamanan badan intelijen Helmand melakukan perjalanan bersama ketika bom meledak di Kandahar, di mana Wali Karzai tewas pada hari Selasa kemarin.

Bom itu diledakkan dengan remote control di distrik Maiwand, melukai dua tentara kantor gubernur mengatakan.

Analis memperingatkan bahwa kematian Wali Karzai bisa membuat wilayah selatan menjadi lebih berbahaya dalam perang Afghanistan, bersamaan dengan misi NATO yang mulai menarik pasukan tempur mereka dan Amerika Serikat berusaha mencari solusi politik di Afghanistan.

Pasukan NATO juga menemukan dua ranjau di sebelah jalan yang dilalui oleh konvoi pemakaman di Kandahar, kata kepala polisi provinsi Abdul Razeq.

Dia mengatakan satu perangkat bom ditemukan dalam botol plastik dan ranjau darat ditanam pada jalur di sebelah jalan yang diambil oleh iring-iringan perjalanan para pelayat yang akan melakukan penguburan Wali Karzai di desa dekat Karz.(fq/afp)