Hajar Aswad Terpecah-pecah, Sebagian Ada di Turki, Bagaimana Ceritanya?

Eramuslim.com – Arab Saudi memperlihatkan sejumlah foto baru Hajar Aswad yang ada di Kakbah, Masjidil Haram, Makkah, untuk pertama kalinya.

Foto-foto itu diambil dari berbagai tingkat kejelasan berbeda sehingga dapat menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik dan beresolusi tinggi.

Batu hajar aswad di Turki

Batu yang diyakini kalangan muslim sebagai batu dari syurga itu menjadi penanda awal dan akhir tawaf bagi para jamaah umroh dan haji.

Hajar Aswad semula berbentuk sebuah batu utuh. Namun, karena berbagai insiden yang menimpa selama sejarahnya, batu itu kini terpecah menjadi delapan bagian dengan ukuran yang berbeda-beda.

Di Masjidil Haram, 8 gugusan Hajar Aswad ditempelkan ke sebuah batu yang lebih besar dan dibingkai oleh perak. Gugusan itu paling besar seukuran buah kurma. Bingkai perak itu dibuat oleh Abdullah bin Zubair.

Pecahan Hajar Aswad lainnya diklaim berada di Istanbul, Turki. Salah satunya ada di Masjid Raya Sulaimaniah. Bagian Hajar Aswad ditempel di masjid ini.

“Bagian utama lain dari Hajar Al Aswad (Batu Hitam) yang tertanam di Masjid Raya Sulaimaniah, Istanbul yang secara kontroversial dipindahkan dari Kakbah pada masa pemerintahan Ottoman Sultan Sulaiman,” tulis akun Facebook Haramain Sharifain.