free hit counters
 

Hamas Memukul Mundur Tank-Tank Israel dari Kota Gaza

Magdalena – Selasa, 15 Muharram 1430 H / 13 Januari 2009 15:31 WIB

Setelah mundur dari Khan Younis, tank-tank Israel juga mundur dari kota Gaza setelah terlibat pertempuran hebat dengan para pejuang Palestina di wilayah itu.

Hamas mengatakan, pejuang-pejuangnya meledakan bom-bom rakitan yang dilintasi oleh kendaraan-kendaraan tempur Israel, untuk mencegah pasukan darat Israel masuk lebih dalam ke Jalur Gaza dan untuk menarik mundur kendaraan-kendaraan tempur Israel.

Strategi yang dilakukan pejuang Hamas ini ternyata berhasil memukul mundur pasukan darat Israel dari kota Gaza. Para pejuang Hamas juga menggunakan peluncur mortir jenis RPG untuk membalas serangan dari helikopter-helikopter dan kapal-kapal angkatan laut Israel.

Sejumlah saksi mata di kota Gaza  mengaku mendengar ledakan-ledakan dan suara tembakan beruntun dari senjata-senjata mesin pada Selasa dinihari. Selain mundur dari Gaza City, tank-tank Israel terlihat keluar dari wilayah Ash Sheikh Ajlin, Zeitun dan Tal al-Hawa. Bersamaan dengan itu, Israel menyatakan akan kembali melancarkan serangan udara ke wilayah Gaza.

Militer Israel hari ini mengklaim pasukannya di perbatasan dihujani tembakan dari wilayah Yordania. "Pasukan kami ditembaki dari arah perbatasan Yordania. Belum jelas siapa pelaku penembakan," kata jubir militer Israel. Tidak ada korban dalam insiden tersebut. (ln/prtv)

Dunia Islam Terbaru