Hareetz: Shin Bet Siksa Tahanan Palestina Secara Fisik dan Psikologis

Surat kabar Israel Haaretz melaporkan hari Senin kemarin (26/7) bahwa interogator Israel Shin Bet menggunakan tekanan dan penyiksaan psikologis dan fisik untuk mencari informasi dan memaksa pengakuan atas kejahatan yang dihubungkan dengan tahanan Palestina.

Surat kabar itu menyebutkan bahwa para tahanan diperlakukan dengan sangat kasar sampai mereka memberikan pengakuan, bahkan mereka ditekan dengan paksaan.

Haaretz mengutip beberapa orang yang pernah di interogasi Shin Bet mengatakan bahwa para interogator Shin Bet fasih berbahasa Arab, mereka menggunakan penghinaan dan mengancam untuk melanggar kehormatan narapidana dan keluarga tahanan dan merusak reputasi mereka.

Salah satu tahanan mengatakan dia disiksa secara fisik dan ditahan dalam sel yang besarnya tidak lebih besar dari dua meter persegi, dengan toilet di salah satu sudut dan pompa air keran yang akan keluar airnya sepuluh detik setelah di tekan atasnya, dan dirinya ditahan di dalam ruangan yang ia tidak tahu hari itu malam atau siang.(fq/pic)