Holocaust Akan Diajarkan Ke Siswa Sekolah di Gaza

Warga Gaza menolak keras rencana lembaga bantuan untuk pengungsi Palestina, UNRWA yang ingin memasukkan mata pelajaran tentang holocaust ke dalam kurikulum pendidikan di wilayah itu.

Rencana UNRWA itu berdasarkan pertimbangan bahwa holocaust yang dilakukan rejim Nazi pimpinan Adolf Hitler pada Perang dunia II itu merupakan bagian dari pengetahuan tentang hak asasi manusia.

Pimpinan UNRWA di Gaza, Karen AbuZayd menyatakan akan rencana itu baru wacana yang masih akan dibahas dengan para pakar hak asasi manusia di Gaza, para orang tua siswa dan masyarakat setempat.

UNRWA buru-buru membantah bahwa mereka sudah merencanakan pengajaran tentang holocaust untuk siswa sekolah menengah pertama setelah warga Gaza dengan tegas menyatakan penolakannya, terutama dari pihak Hamas yang berkuasa di Gaza. Hamas menyebut pengajaran tentang holocaust sama dengan "mengajarkan sebuah kebohongan."

Namun Karen AbuZayd mengatakan bahwa penolakan paling keras bukan dari Hamas tapi justeru dari warga. "Masyarakat tidak mengerti, dengan apa yang mereka alami, seharusnya mereka juga mengetahui persoalan orang lain," kata Karen. (ln/aby)