Hotel Terbesar Dunia Dengan 10.000 Kamar Akan Dibangun di Mekkah

593_originalEramuslim.com – Sebuah hotel terbesar di dunia dengan kapasitas 10 ribu kamar akan dibangun di pusat kota Mekkah, Arab Saudi. The Huffington Post mengabarkan Selasa (16/6/2015), hotel yang dibangun perusahaan pengembang Dar Al-Handasah itu dimaksudkan untuk menampung jemaah haji seluruh dunia. “Dengan 10 ribu kamar, hotel baru bernama Abraj Kudai tersebut akan mengalahkan MGM Grand Hotel di Las Vegas yang cuma memiliki 6.198 buah kamar,” tulis harian tersebut.

Hotel Abraj Kudai senilai US$3,5 miliar itu akan dibangun di kawasan Manafia, pusat kota Mekkah. Sebagai tambahan, akan dibangun pula fasilitas lain seluas hampir 645 meter persegi untuk dijadikan pusat pertokoan, restoran, helipad, stasiun bis kota dan pusat pertemuan.

Hotel Abraj Kudai merupakan satu-satunya proyek konstruksi modern yang dibangun di Mekkah. Dengan makin banyaknya hotel dan proyek modern, banyak yang khawatir arsitektur bersejarah di Mekkah bakal tergusur. Pada 2002, Istana Ajyad Fortress dirubuhkan, karena diganti dengan Hotel Makkah Royal Clock Tower seluas hampir 2000 meter persegi. Hotel Abraj Kudai dijadualkan akan rampung dan dibuka tahun 2017.(rz)