Ikhwan dan An Nour Tolak PM dan Deputy Presiden : Edin dan El Baredei

edinPartai Salafi Al-Nour Mesir telah menolak pencalonan Ziad Bahaa Eddin Mohamed dan ElBaradei sebagai perdana menteri dan wakil presiden interim.

“Kami tidak setuju dengan presiden untuk menetapkan  Ziad Baha Edden atau ElBaradei,” kata pihak An-Nour dalam sebuah pernyataan.

Pernyataan mereka datang setelah televisi pemerintah Mesir melaporkan pada hari Minggu , Eddin adalah wakil presiden partai Demokrat liberal Sosialis, kemungkinan akan ditunjuk sebagai perdana menteri sementara Mesir.

Eddin , berusia 48 tahun, seorang pengacara lulusan Oxford, adalah ketua Otoritas Investasi Mesir dari tahun 2004-2007, dan kemudian memimpin Otorita Pengawasan Keuangan Mesir pada tahun 2008.

Eddin, memulai karier politiknya ketika ia bergabung dengan partai Sosial Demokrat setelah revolusi yang menggulingkan Presiden Hosni Mubarak pada tahun 2011.

Koresponden Al Arabiya, sementara itu, melaporkan bahwa Eddin sedang mempertimbangkan apakah ia akan menerima menjadi perdana menteri sementara Mesir. Dia mengatakan dia akan menyelesaikan keputusan setelah ia tiba ke Mesir pada hari Senin dari Rumania.

Memilih Eddin sebagai pendatang baru dicalonkan  datang setelah dua kelompok Islamis utama Mesir, Ikhwanul Muslimin dan Salafi al-Noor menolak pencalonan pemimpin oposisi Mohamed ElBaradei.

Namun, TV Mesir  mengatakan pada hari Minggu bahwa ElBaradei, telah ditunjuk sebagai wakil presiden sementara.

Sementara itu, Partai Nour mengatakan  ElBaradei akan meningkatkan perlawanan pendukung Presiden terguling Mohammed Mursi .

Penunjukan ElBaradei didukung oleh anggota pemberontakan demonstrasi ‘Tamarod,’ yang merekayasa protes anti-Mursi pada 30 Juni.

Sementara itu, Ikhwanul Muslimin juga mengatakan bahwa ia menolak  Eddin dan ElBaradei. (Arby/Dz)