free hit counters
 

Indonesia dan Malaysia Sepakat Bangun Pemukiman Sementara Untuk Pengungsi Muslim Rohingya

Redaksi – Kamis, 1 Sya'ban 1436 H / 21 Mei 2015 07:00 WIB

muslim rohingyaEramuslim.com – Malaysia dan Indonesia berkomitmen untuk memberikan tempat perlindungan sementara bagi para pengungsi Rohingya dan Bangladesh yang sempat terkatung-katung di wilayah laut.
Hal itu dipastikan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Malaysia Anifah Aman dalam konferensi pers bersama dengan Menlu Indonesia Retno Marsudi di Kuala Lumpur (Rabu, 20/5).
“Tempat penampungan sementara dan proses pemulangan akan dilakukan dalam satu tahun oleh masyarakat internasional,” kata Anifah seperti dimuat Channel News Asia.
Pernyataan itu dibuat setelah Menteri Luar Negeri Malaysia, Indonesia, dan Thailand melakukan pertemuan untuk membahas soal pengungsi Rohingya dan Bangladesh yang beberapa waktu terakhir membanjiri ketiga negara tersebut.
Namun demikian dalam konferensi pers dan penyataan resmi, Menteri Luar Negeri Thailand Tanasak Patimapragorn tidak ikut berpartisipasi.
Anifah menjelaskan, Thailand masih menahan diri untuk bergabung dalam upaya menawarkan pemukiman sementara. Pasalnya, kata Anifah, Menlu Thailand masih harus merujuk kembali pada hukum domestik soal apakah langkah tersebut diijinkan atau tidak.
“Sementara itu, Malaysia dan Indonesia mengundang negara-negara lain di kawasan untuk bergabung dalam usaha ini,” kata Anifah.
Dalam kurun waktu beberapa minggu terakhir, ada sekitar 3.000 pengungsi Rohingya dan Bangladesh yang nekad melakukan perjalanan berbahaya dengan kapal kelebihan muatan untuk angkat kaki dari negaranya demi menghindari konflik internal.(rz)

Dunia Islam Terbaru