free hit counters
 

Inilah Tokoh Utama Syiah Dibalik Milisi Bersenjata Syiah di Irak, Suriah, Yaman dan Lebanon

Redaksi – Sabtu, 12 Safar 1436 H / 6 Desember 2014 08:51 WIB

Qassem-Suleimani-300x300Qassem Suleimani adalah “Komandan Angkatan Quds, divisi kepanjangan militer  asing  Korps Pengawal Revolusi Iran .”

Ali Khedery, yang menjabat sebagai asisten khusus untuk lima duta besar AS dan penasihat senior tiga kepala Komando Sentral AS antara 2003 dan 2009, menyoroti peran Qassem Suleimani, seorang komandan  Angkatan Quds, lengan asing  Korps Pengawal Revolusi Iran .

Quds mengarahkan milisi sektarian di Irak dan Suriah. Pada saat yang sama, Qassem Suleimani adalah   penasehat utama Hizbullah di Lebanon dan kelompok pemberontak Huthi di Yaman – dengan kata lain, ia mengendalikan proxy kekuatan milisi Syiah  di seluruh Timur Tengah.



“Qassem Suleimani adalah pemimpin Lebanon, Suriah, Irak dan Yaman,” kata Khedery. “Irak sesungguhnya tidaklah berdaulat. Irak sesungguhnya dipimpin oleh Qassem Suleimani, dan atasannya, [Pemimpin Tertinggi Iran] Ayatollah Ali Khamenei. “

Untuk Amerika, kampanye melawan IS berarti pesawat tempur AS dan penasihat militer yang bekerja sesungguhnya sejalan secara paralel dengan misi pesawat Iran dan milisi Syiah di sanan.

“Di Irak, tingkat koordinasi antara militer Amerika dan Iran adalah poin penting sehingga muncul bahwa Amerika Serikat bekerja bersama-sama dengan musuh-nya (Iran).”

Pemerintahan Obama, sementara menyangkal koordinasi apapun dengan Iran , tetapi tampaknya ia tidak keberatan pemberdayaan Iran karena kedua negara menegosiasikan kesepakatan nuklir yang  akan menyeimbangkan wilayah timur tengah menjadi lebih baik bagi kepenting mereka…(JL/KH)

Dunia Islam Terbaru