"Ipads" yang Dibawa Wisatawan Dilarang Masuk Ke Israel

Israel pada hari Jumat kemarin (16/4) memperingatkan para pengunjung/wisatawan untuk meninggalkan "iPads" atau gadget canggih yang mirip komputer tablet buatan Apple Amerika – mereka di rumah dan benda canggih tersebut akan disita bila tetap dibawa pada saat kedatangan mereka di bandara, karena sinyal wireless perangkat canggih itu 40 kali lebih kuat dari sinyal wireless yang diizinkan.

Jurubicara Departemen Komunikasi Yechiel Shavi mengatakan bahwa beberapa peralatan canggih itu sudah disita oleh otoritas Israel bandara Ben Gurion dan akan dikembalikan kepada pemiliknya pada saat mereka akan berangkat meninggalkan Israel.

Dalam kasus warga Israel yang memiliki gadget buatan Apple tersebut, "Ipads" mereka akan disita, atau mereka dapat menjualnya kepada warga Amerika," katanya kepada AFP.

Gadget layar sentuh "Ipads" sejauh ini hanya dijual di Amerika Serikat, di mana peraturan federal memasukkan sinyal Wi-Fi lebih kuat dari standar Eropa yang diikuti di Israel.

Sedikitnya 10 "iPads" sejauh ini telah diambil dari wisatawan di pabean Israel, surat kabar Jerusalem Post melaporkan.

Sebuah versi gadget yang menetapkan standar Eropa, sangat disukai di Israel, kata kementerian komunikasi.

Namun para pemilik harus bertanggung jawab penuh atas Ipads mereka dengan memastikan bahwa sinyal Wi-Fi Ipads mereka memenuhi standar lokal ketika mereka membawa benda canggih itu ke Israel.(fq/aby)