Iran Gelar Konferensi Kejahatan Perang Israel

Organisasi-organisasi internasional berkumpul di Ibukota Iran, Teheran untuk mengikuti konferensi internasional Palestina. Berbeda dengan konferensi-konferensi lainnya yang lebih mengutamakan penggalangan dana untuk membangun kembali Gaza, konferensi di Teheran lebih ditekankan pada kejahatan perang yang telah dilakukan Israel di Gaza.

Konferensi internasional yang akan digelar selama dua hari ini dihadiri perwakilan dari Amnesty International, Human Rights Watch, organisasi Palang Merah, Unicef dan Dewan Hak Asasi Manusia yang berbasis di Jenewa, sejumlah pakar hukum dan perwakilan dari Hamas, Fatah serta Islamic Jihad.

Dalam konferensi bertajuk "Palestine: Manifestation of Resistance, Gaza: Victim of Crimes" para peserta akan mendiskusikan dan mencari jalan untuk membawa pejabat-pejabat tinggi pemerintahan dan militer Israel ke pengadilan atas agresi brutal yang dilakukan Israel selama 22 hari ke Jalur Gaza.

Mereka juga akan membahas berbagai dokumen yang membuktikan kejahatan perang dan kejahatan kemanusiaan yang dilakukan Israel, termasuk dokumen-dokumen hasil penyelidikan Iran yang dikirim ke Interpol hari Senin kemarin berisi daftar 15 nama pejabat pemerintah dan militer Israel yang dianggap bertanggung jawab atas agresi ke Gaza. (ln/prtv)