Iran Setuju Konsorsium Uranium, Tapi dengan Syarat

Wakil tim perunding nuklir Iran mengatakan, negaranya menyambut baik semua ide kerjasama dengan berbagai negara di bidang pengembangan uranium. Dan, tetap menolak bila ada pihak yang meminta agar Teheran menghentikan proyek nuklirnya.

Jawad Waedi, wakil tim perunding nuklir Iran menyatakan hal itu kepada Kantor Berita Iran. Dikatakannya, Teheran siap bergabung dengan forum sejumlah negara untuk mendistribusikan uranium, dengan syarat hal itu tidak menjadikan pihaknya menghentikan produksi uranium yang selama ini dilakukan di Iran.

“Wacana seperti ini baik selama tidak berbenturan dengan hak-hak Iran yang memang harus dimiliki, ” ujarnya.

Pernyataan Waedi ini menanggapi ide yang disampaikan Menlu Saudi Sa’ud Faishal beberapa hari lalu yang menyampaian bahwa Saudi bersama negara-negara Teluk siap membentuk konsorsium uranium untuk menyalurkan uranium kepada negara-negara Teluk yang membutuhkannya. Konsorsium itu terbuka secara keanggotaan untuk semua negara di Timur Tengah dan berfungsi memberikan kadar uranium yang cukup kepada anggotanya dengan ketentuan tidak digunakan untuk membuat senjata nuklir.

Ungkapan Waedi sekaligus meluruska penolakan Iran sebelumnya yang disampaikan Jubir Tim Politik Luar Negeri Iran Kazem Jaleli, yang mengatakan bahwa ide yang dilontarkan pihak Saudi terkait konsorsium uranium itu “sama sekali abstrak”. (na-str/aljzr)