Iran Undang Seniman Internasional Ikut Pameran Online Kutuk Penodaan Al-Quran

Rumah Kartun Iran telah mengundang seniman internasional untuk ikut ambil bagian dalam pameran online yang mengutuk penodaan kitab suci Al-Qur’an di AS.

Kartunis dari seluruh dunia diundang untuk mengirimkan karya mereka pada tema-tema Iblis melawan Kitab Suci, Iblis melawan Manusia Alam dan Terry Jones.

Lebih dari 30 karya telah dikirim dari Iran, Turki, Brasil, Ukraina dan beberapa negara lain sejak website Irancartoon mengumumkan acara tersebut pada tanggal 13 September lalu," lapor Times mengutip pernyataan direktur Rumah Kartun Iran di Teheran, Masud Shojaei-Thabatabai.

Tidak ada penghargaan khusus untuk acara ini, tapi semua karya peserta akan dipublikasikan dalam bentuk buku, katanya menambahkan.

Sebelum peringatan kesembilan peristiwa serangan 11 September 2001, pendeta sinting Florida Terry Jones, mengumumkan rencananya untuk membakar Al-Qur’an.

Di bawah tekanan internasional dan kecaman global, ia membatalkan rencananya, sementara beberapa ekstremis anti-Islam tetap membakar Al-Qurani, dan merobek halamannya.

Para pejabat Amerika, termasuk Presiden Barack Obama, sebelumnya memperingatkan terhadap rencana ityu, namun mereka gagal untuk mengambil tindakan untuk mencegah pengodaan terhadap Al-Quran atau membawa orang-orang di belakang rencana tersebut ke keadilan.

Tindakan menghina Al-Quran itu telah memicu protes kemarahan di seluruh dunia, terutama di negara-negara Muslim.(fq/prtv)