Israel Bersiap Hadapi Perang Kimia dan Biologi

Pemerintah Israel mulai mendistribusikan paket untuk mencegah terjadinya serangan senjata kimia dan biologi, namun membantah pendistribusian paket ini terkait adanya kemungkinan serangan terbuka dalam waktu dekat ini ke Israel, sehari setelah seorang pejabat Iran mengancam akan menyerang Israel dalam kasus intervensi Israel terhadap negara Iran.

Dalam pernyataannya pada hari Selasa kemarin (6/4) di Yerusalem, Deputi Menteri Pertahanan Israel menyatakan bahwa pihak yang berwenang telah mulai membagikan jutaan masker untuk melindungi dari ancaman perang biologi dan kimia terhadap Israel dalam konteks keseluruhan program yang disusun untuk tujuan ini.

Deputi Menhan Israel mengatakan kepada Radio militer bahwa semua keluarga Israel bisa mendapatkan paket anti serangan kimia dan biologi berikut instruksi pemakaiannya oleh para pekerja pos yang akan membagikannya, dan setiap paket dihargai sebesar 25 syikal, setara dengan lima dolar, atau dapat juga diperoleh secara gratis dalam sebuah acara khusus yang akan diselenggarakan oleh pemerintah.

Namun, deputi menhan Israel menekankan dalam sambutannya bahwa tindakan tersebut sama sekali tidak terkait dengan setiap ancaman potensial dalam waktu dekat atau dalam artian serangan secara spesifik tertentu.

Pemerintah Israel telah memutuskan pada tanggal 5 bulan ini, untuk mendistribusikan delapan juta masker gas – satu masker untuk setiap orang – hingga tahun 2013 dengan masker yang telah didistribusikan selama Februari sebanyak tujuh puluh ribu masker untuk warga Israel yang tinggal di dekat Tel Aviv.(fq/aljz)