Jangan Kaget: Putin, Muslim Rusia, dan Idul Adha

Maka, tidak usah heran bila Presiden Rusia, Vladimir Putin, beberapa waktu lalu memberi apresiasi khusus kepada Khabib Nurmagomedov usai menghabisi ‘si-pongah Irlandia’, Conor McGregor, dalam ajang pertandingan tarung bebas dunia. Setelah meraih kemenangan, Khabib yang Muslim asal Rusia tersebut pun tanpa ragu menunjukan jati diri, cinta, serta tingginya rasa hormat kepada agama dan negaranya, yakni Islam dan Rusia.

Wajah Puttin pun ketika khusus bertemu dengan Khabib bersama orang tuanya tampak sumringah. Tak terlihat raut tegang atau muka berkerut masam. Ucapannya pun tertata manis dan rapi. Terlihat jelas kala Putin menemui Khabid dilakukan dengan rasa ikhlas yang penuh alias ‘tanpa reserve’.

Dia jelas sekali menerima Muslim sebagai identitas Rusia. Tak ada ekpresi curiga, apalagi menganggap Khabib dan warga Muslim lainnya sebagai pengganggu (hama), calon teroris atau calon perusak negara Rusia. Tak ada kesan panik dan ribut dari Putin soal polemik khilafah, meski Khabib bersama orang tua dan seluruh rombongannya terlihat begitu antusias dalam menjalankan semua syariat Islam, seperti shalat, bersalaman, dan bertegur sapa.

Dan memang perhatian pemerintah Rusia terhadap Muslim bukan barang baru. Mereka paham serta tahu sakitnya terusir dari Afganistan ketika bertempur melawan warga Muslim di sana. Hal itu pula yang terlihat menjadi penyebab Putin sehingga bisa dengan ringan hati bersama Presiden Turki Eyip Erdogan meresmikan penggunaan masjid terbesar di ibu kota Rusia, Moskow.

Dalam hal ini Putin tampaknya sangat sadar bahwa nasionalisme warga Muslim kepada Rusia tak perlu diragukan. Semangat dan ghirah Islam malah dapat digunakan untuk membangun Rusia. Muslim dan Islam adalah penjaga Rusia. Gambaran Rusia di masa lalu yang berbentuk Uni Soviet dengan sosok Lenin dan Marx yang komunis dan anti agama (Islam) kini pun sirna. Putin di sini sama punya obesesi sebagai ikon Rusia, seperti Kaisar Ivan yang Agung. Begitu juga Erdogan yang terobsesi sebagai pemimpin agung kekhalifahan Otoman.

Bukti rasa sayang dan kepedulian kepada warga Muslim Rusia terlihat jelas pada ucapan khusus Putin terkait perayaan Idul Adha tahun 2019 ini. Pihak Istana Kremlin secara khusus melansir ucapan Putin itu. Ucapan dan pesan Putin bagi warga Muslim Rusia pada Idul Adha 2019 lengkapnya seperti ini:

“Selama berabad-abad liburan ini, dipenuhi dengan kehangatan dan cahaya, telah menyatukan orang-orang, membantu menanamkan cita-cita kebaikan, amal, dan penghormatan terhadap kepercayaan dan tradisi keagamaan.

Sangat menyenangkan melihat bahwa komunitas Muslim Rusia secara aktif terlibat dalam kehidupan publik di negara itu, memperluas kegiatan amal dan pendidikannya, memperkuat nilai-nilai keluarga dan membuat kontribusi yang signifikan untuk menjaga antaragama dan kesepakatan antar-etnis. “

Maka, janganlah kaget bila Putin, dan Khabib Nurmagomedov dieluk-elukan di Indonesia seperti Muhammad Ali di masa lalu itu!

[Republikaonline]

Penulis: Muhammad Subarkah