Jelajah Antariksa, Astronot Arab: Alhamdullilah, Bumi Itu Bulat

Eramuslim.com – Hazza Al Mansouri baru saja kembali ke Bumi setelah 8 hari berada di stasiun luar angkasa International Space Station (ISS). Ia adalah orang pertama dari Uni Emirat Arab yang menjelajah antariksa. Berbagai pengalaman pun ia kisahkan termasuk bahwa Bumi itu bulat.

Hazza terbang ke ISS menggunakan roket Soyuz MS-15 pada 25 September silam. Sang astronot Arab kembali pada 3 Oktober lalu di Kazakhstan dan membuat negaranya bangga.

“Alhamdullilah” adalah kata pertama yang ia ucap saat kembali ke planet ini. Ayah beranak 4 ini mengaku senang mempelajari banyak hal di antariksa dan selalu dibantu rekan sesama astronot. Ia kembali bersama astronot asal Amerika Serikat, Nick Hague dan kosmonot Rusia, Alexey Ovchinin.

Saat ditanya dalam konferensi pers soal bentuk Bumi, Hazza yang melihat dengan mata kepala sendiri meyakinkan bahwa Bumi tak datar seperti yang dipercaya sebagian orang. “Ia (Bumi-red) bulat, saya telah melihat sendiri dengan mata saya sehingga saya dapat mengatakannya pada Anda,” jawabnya.

Hazzaa AlMansoori

@astro_hazzaa

 · 

من أسعد رائد فضاء إلى أسعد شعب، هنا التاريخ..هنا الإمارات من الفضاء.

View image on Twitter

Hazzaa AlMansoori

@astro_hazzaa

From the happiest astronaut to the happiest nation…this is history, this is the UAE from space.

View image on Twitter

Selama di angkasa, Hazza membagikan beberapa foto tangkapannya yang menunjukkan bentuk Bumi. Tak lupa ia juga mengabadikan lokasi Uni Emirat Arab dari antariksa.

Hazza berharap suatu saat nanti, akan ada rekan senegaranya yang juga pergi ke angkasa. “Misi saya sekarang adalah transfer teknologi dan pengalaman pada astronot selanjutnya dan saya harap mereka lebih baik dari saya,” cetusnya.

Uni Emirat jelas bangga. “Welcome back dari perjalananmu sebagai astronot Arab pertama di ISS. Kami bangga terhadap prestasimu dan pengetahuan yang kami dapat dari perjalananmu,” kata Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Perdana Menteri Uni Emirat Arab.[dtk]