Jelang Ramadan, Saudi Pasang Dispenser Air Zamzam Canggih di Dua Masjid Suci

Pengelola Dua Masjid Suci di Arab Saudi akan mengganti semua dispenser air ZamZam di masjid itu dengan dispenser baru berteknologi canggih serta lebih higienis. Dispenser air Zamzam itu dijadwalkan sudah ditempatkan di seluruh penjuru masjid menjelang bulan Ramadhan ini, menggantikan semua dispenser lama yang berwarna oranye.

Ramadan di Arab Saudi dipekirakan jatuh pada tanggal 1 Agustus mendatang. Direktur bidang Studi dan Proyek di kantor Kepresidenan Utusan Dua Masjid Suci, Abdul Mohsen bin Humaid mengatakan, "Dispenser air Zamzam yang baru dengan standar higienis yang paling tinggi akan ditempatkan di berbagai lokasi di Masjid Haram dan Masjid Nabawi. Dispenser-dispenser itu juga mudah dipindahkan jika akan diisi ulang," ujarnya.

"Dispenser itu juga tidak bisa dibuka oleh sembarang orang, kecuali oleh operatornya," sambung Humaid.

Kebijakan mengganti semua dispenser air Zamzam di Masjid Haram, Makkah dan Masjid Nabawi, Madinah, adalah bagian dari upaya pengelola Dua Masjid Suci untuk menjamin tingkat higienis dalam mendistribusikan air Zamzam. Untuk mendukung upaya itu, mereka juga akan memasang "mesin pintar" untuk pengisian ulang air Zamzam.

Mesin-mesin isi ulang itu bisa mendeteksi secara otomatis kapasitas dispenser dan melakukan pengisian tanpa ada air Zamzam yang tumpah. (kw/arabnews)