Strategi Baru Perang Afghan, Lakukan Negoisasi dengan Taliban

Kepala pasukan Inggris menyerukan pembicaraan dengan Taliban, sebagai bagian dari strategi keluar untuk pasukan pimpinan Amerika di Afghanistan, dan menambahkan bahwa perundingan harus dimulai "segera."

Jenderal David Richards menyatakan hal itu dalam sebuah wawancara dengan radio BBC pada hari Ahad kemarin (27/6).

"Jika Anda melihat kampanye kontra-pemberontakan di sepanjang sejarah selalu ada titik di mana Anda harus mulai melakukan negosiasi dengan satu sama lain, mungkin melalui proxy sebagai contoh pertama, dan saya tidak tahu kapan itu akan terjadi," katanya.

"Tetapi pada saat yang sama Anda harus melanjutkan pekerjaan yang dilakukan oleh militer, pemerintahan dan perspektif pembangunan untuk memastikan mereka tidak berpikir kita menyerah. Ini adalah proses bersamaan dan keduanya sama-sama penting, " tambah Richards.

Komentar pimpinan tentara Inggris ini datang sewaktu pasukan NATO mengalami hari-hari yang paling berdarah mereka di Afghanistan sejak invasi pimpinan Amerika di negara itu.

Lebih dari 80 orang korban tewas dari pasukan NATO pada bulan Juni ini, dan bulan ini telah menjadi bulan paling mematikan sejak invasi pimpinan Amerika pada tahun 2001. Versi militer Inggris, jumlah militer mereka yang tewas akibat konflik Afganistan sejak tahun 2001 telah mencapai 300 orang.(fq/prtv)