Kanada Tidak akan Mengirim Pasukan Tempur ke Mali

Menteri Luar Negeri Kanada John Baird Selasa mengungkapkan ketakutannya bahwa situasi yang berkembang di Mali, seperti yang terjadi di Irak dan Afghanistan, dan kembali mengatakan bahwa pemerintahannya tidak akan pernah mengirim pasukan tempur ke Mali.

Baird dalam rapat di hadapan Komite Urusan Luar Negeri dan Pembangunan Internasional di House of Commons mengatakan “saya harus tetap berhati-hati untuk mengirimkan beberapa militer Kanada ke Mali, seperti yang diminta oleh sebagian orang “.

“Apa yang terjadi di lapangan benar-benar berubah menjadi pemberontakan seperti yang kita lihat di Irak atau Afghanistan.”

Dia menyatakan keraguan tentang persetujuan dengan Bamako pada misi internasional untuk menyelamatkan perdamaian, seperti yang diinginkan Prancis.

Dia menjelaskan pada sisi lain bahwa pemerintahnya “tidak mengambil keputusan apapun setelah urusan memberikan atau tidak memberikan pelatihan militer”, sementara Uni Eropa akan menpublikasikan dalam beberapa hari mendatang 450 tentara Eropa, termasuk 200 pelatih.

Dan dia menolak untuk mengungkapkan nasib pesawat angkut militer C-17  yang diberikan kanada untuk membantu Prancis di Mali, dan yang akan mengakhiri misinya di Mali pada Jumat. (zae/SN)