Kepala Angkatan Darat Inggris: Kami Tidak Bisa Mengalahkan Taliban


Satu lagi pernyataan pesimisme datang tentang keberadaan Taliban. Letnan Kolonel Nick Kitson, salah satu komandan Inggris paling senior di Afghanistan mengatakan ketidayakinannya dalam mengalahkan Taliban.

Menurut Kitson, rakyat Afghan juga harus dibujuk untuk menolak Taliban dan bertanggung jawab atas keamanan mereka sendiri.

Letkol Kitson, yang bertanggung jawab untuk operasi keamanan di daerah-daerah sekitar Sangin dan Kajaki, mengatakan sekarang adalah waktunya untuk pemerintah Afghanistan untuk meningkatkan kualitas para pemimpin dan komandan mereka.

Berbicara pada FOB (Forward Operating Base) Jackson, di Sangin, ia memperkirakan hanya ada sekitar 200 pejuang Taliban di daerah Sangin, tempat pasukan Inggris terlibat dalam beberapa pertempuran sengit.

Kitson berkata, "Dalam hal apakah kami dapat mengalahkan mereka? Tidak ada. Kami tak mungkin menang dalam misi kami. Siapapun yang mempelajari ilmu kontra perlawanan akan tahu bahwa Anda tidak akan menang dengan cara militer. Oleh karena itu fokus kami adalah pada penduduk, keamanan penduduk, dan melebihi pemerintah Afghanistan."

Sang komandan melanjutkan bahwa mengakhiri konflik pasti akan melibatkan dialog. "Saya pikir Taliban akan dilibatkan dalam pemerintah dengan dasar kualitas hidup mereka, dan dukungan umum dari penduduk."

Nah, Letnan, rakyat negeri Inggris sudah meminta pasukan Anda kembali ke negeri Anda, Anda pun tak yakin bisa mengalahkan Taliban, jadi apa yang membuat Anda tinggal lebih lama lagi di Afghanistan? (sa/belfasttelegraph)