free hit counters
 

Kerja Sama Saudi dan Israel, Terungkap?

Saad Saefullah – Selasa, 13 Rajab 1430 H / 7 Juli 2009 05:43 WIB


Semakin hari, semakin aneh saja tindak-tanduk Arab Saudi. Negara tempat dilaksanakannya ibadah haji ini baru-baru ini dilaporkan mempunyai hubungan yang khusus dengan agen intelijen Israel, Mossad.

Awal tahun ini, Meir Dagan, kepala Mossad sejak tahun 2002, sudah menjalin perbincangan dengan pemerintahan Saudi untuk membangun landasan terbang untuk Israel. Dagan meyakinkan perdana menteri Benjamin Netanyahu bahwa tampaknya Saudi tak keberatan sama sekali akan proposal ini.

Pers-pers dari Israel bahkan sudah menurunkan berita bahwa para pejabat tinggi Israel, seperti Ehud Olmert, ikut terlibat perbincangan ini dengan para keluarga kerajaan Saudi. Laporan ini dibantah oleh Saudi.

Sebuah sumber diplomatik mengatakan bahwa setujunya Saudi bekerja sama dengan Israel tidak lain melihat dari kepentingan jangka panjang dari Saudi pula yang sedang membangun kekuatan militer. Bahkan sejak jauh-jauh hari, Saudi menjalin hubungan kerja sama dengan AS.

Mossad ditengarai berada di belakang semua kerja sama antara Saudi dan Israel ini. John Bolton, mantan duta besar AS untuk PBB yang baru-baru ini mengunjungi Saudi, mengatakan bahwa sangat mungkin dan masuk akal bagi Israel menggunakan Saudi sebagai basis pangkalan militernya. “Keduanya (Israel dan Saudi) tak akan mengatakan apa-apa kepada publik.” ujarnya. (sa/sndytms)

Dunia Islam Terbaru