Kerugian Akibat Badai Sandy di AS bisa Mencapai 100 Miliar Dolar

Para ekonom akan membutuhkan waktu beberapa hari – mungkin minggu atau bulan – untuk menilai kerugian keuangan yang disebabkan oleh Badai Sandy. Tapi apa pun angka akhirnya, maka hal itu akan sangat besar, bisa mencapai puluhan miliar dolar.

Lebih dari 60 juta orang Amerika yang merasakan dampak dari badai besar yang menghantam New York, New Jersey, Maryland, District of Columbia, Virginia, Connecticut, Pennsylvania dan negara-negara bagian lainnya. Badai itu telah menyebabkan kerugian besar langsung, yaitu penghancuran rumah-rumah pribadi, toko, kapal dan mobil.

Beberapa ekonom memperkirakan kerugian akibat badai Sandy bisa mencapai 100 miliar dolar.

“Perkiraan awal dari kerusakan langsung yang disebabkan oleh badai Irene berada di kisaran 7 miliar dolat, tapi pada akhirnya kerugian mencapai 15 hingga 20 miliar dolar,” tulis Peter Morici, profesor ekonomi di University of Maryland, dalam analisisnya.

“Sedangkan badai Sandy kerugiannya jauh lebih besar dengan banyaknya kerusakan properti, menambahkan bahwa kerugian akibat bencana selama 2 hari mencapai 25 persen dari perekonomian, perkiraan awal kerugian ekonomi akibat badai Sandy sekitar 35 sampai 45 miliar dolar.(fq/prtv)