Ketika Angkatan Laut Amerika Menolong Dua Nelayan Iran

Sebuah kapal angkatan laut AS dilaporkan menolong dua pelaut Iran yang sudah terdampar jam-jam di Teluk Persia. Peristiwa ini terjadi pada Kamis pagi kemarin. Kapal angkatan laut AS menyediakan makanan dan minuman sampai penjaga pantai Iran menjemput.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Armada Kelima AS yang berbasis di Bahrain, Angkatan Laut AS diberitahu oleh kapal pedagang dari dua pelaut yang terdampar itu, kemudian segera USS Oscar Austin dikirim untuk memberikan bantuan.

Para pelaut itu ditemukan hanya sekitar 1.000 meter (1 kilometer) di luar wilayah perairan Iran pada pukul 5 pagi waktu setempat dan kemudian diberikan makanan dan air oleh angkatan laut AS.

Para pelaut itu mengatakan kapal nelayan mereka telah tenggelam malam sebelumnya dan mereka tidak tahu tentang keberadaan kru lainnya.

Sebuah kapal Coast Guard Iran muncul pada tengah hari, dan kemudian membawa keduanya. Mereka mengucapkan terima kasih kepada kapal Angkatan Laut AS atas bantuan itu.

"Kami senang bahwa kami mampu untuk mengkoordinasikan penyelamatan pelaut-pelaut itu dengan Coast Guard Iran," kata Letnan Cmdr. Steve Ansuinni dari Armada Kelima dalam pernyataannya.

Pada bulan Agustus, sebuah kapal induk dari armada Amerika sebaliknya diselamatkan oleh delapan nelayan Iran setelah kapal mereka terbakar di laut Arab.

Menurut yahoonews, semua ini terjadi sangat tidak biasa. Masalahnya, semuanya terjadi di Selat Hormuz di mana garis pantai Iran berada jauh beberapa mil (kilometer) dari perairan internasional. (sa/news.yahoo)