Kisah Umar RA Undang Buka Puasa Masyarakat Madinah Hanya Suguhkan Air Putih

Eramuslim.com – Berkah di bulan Ramadhan mudah ditemukan di berbagai aktivitas dan amalan yang baik. Salah satunya dengan menyiapkan hidangan berbuka puasa. Kegiatan tersebut memiliki kebaikan yang sangat besar.

https: img.okezone.com content 2021 04 19 330 2397438 kisah-umar-ra-undang-buka-puasa-masyarakat-madinah-hanya-suguhkan-air-putih-fSSejGiC1x.jpg

Dari Zaid bin Khalid Al-Juhani, dia berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda:

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5:192. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadis ini shahih).

Dikutip dari laman Instagram @zaidulakbar, Selasa (20/4/2021), dr. Zaidul Akbar mengatakan jangan melewatkan hari-hari di bulan Ramadhan ini untuk memberi makanan berbuka puasa bagi yang berpuasa karena begitu besar keutamaan pahalanya.

“Siapkan 1 nasi bungkus sehari atau lebih juga lebih baik, untuk memberi makan saudara kita yang berpuasa atau kalau tidak sempet sama sekali saat sedang berpuasa bersama keluarga dirumah, makanan yang anda akan makan untuk batalkan puasa itu coba tukarkan dengan apa yang akan dimakannya,” tulis Zaidul Akbar dalam postingannya.