Knesset Israel Rekomendasikan Cabut Hak-Hak Haneen Zuabi

Sebuah panel Knesset Israel telah merekomendasikan untuk mencabut hak-hak anggota parlemen Haneen Zuabi setelah ia ikut ambil bagian dalam konvoi bantuan armada Kebebasan yang menuju Gaza beberapa waktu lalu.

Keputusan itu disahkan di komite Knesset dengan mayoritas anggota panel 7-1 menyetujui pencabutan haknya pada hari Senin kemarin (7/6), media Israel melaporkan.

Langkah ini tergantung pada persetujuan dari sidang pleno Parlemen Israel (Knesset).

Jika disetujui, anggota Knesset Palestina ini akan kehilangan haknya untuk meninggalkan Israel serta paspor diplomatiknya.

Zuabi yang merupakan anggota dari partai Balad mengatakan bahwa dirinya adalah korban perburuan setelah armada kebebasan diserang oleh pasukan Israel.

Hari Senin pekan lalu, Angkatan Laut Israel menyerang konvoi yang membawa 10.000 ton bantuan kemanusiaan bagi masyarakat di Gaza, yang berada di bawah blokade selama tiga tahun.

Zuabi 41 tahun, telah menerima ancaman mati untuk partisipasinya dalam upaya bantuan kemanusiaan ke Gaza, ia mengutuk serangan mematikan Israel yang menewaskan sedikitnya 20 aktivis internasional dan puluhan lain terluka.

Partai Balada Zuabi telah juga mengecam keputusan Knesset, menggambarkan sebagai tindakan rasis dan anti-demokratis.(fq/prtv)