Koalisi Saudi Bombardir Rumah Mantan Presiden Yaman Yang Jadi Sekutu Syiah Houthi

serangan udara koalisi internasionalEramuslim.com – Pesawat tempur koalisi yang dipimpin oleh Arab Saudi telah membom kediaman Ali Abdullah Saleh di ibukota, Sanaa. Saksi mata melaporkan bahwa mantan presiden Yaman dan keluarganya yang sekutu syiah ini diyakini dalam keadaan selamat.
Tiga serangan udara menghantam kediaman Saleh pada Ahad pagi (10/5), demikian dilaporkan kantor berita Khabar dilansir Aljazirah, Ahad (10/5). Gumpalan asap terlihat membubung dari wilayah itu setelah serangan udara semalam.
Koalisi mengklaim serangan itu menargetkan para pemberontak syiah Houthi setelah sebelumnya mereka melakukan penembakan di kota perbatasan Saudi, Kamis (6/5).
Saleh mengundurkan diri pada 2012 setelah gelombang protes rakyat Yaman yang menolak aturan tiga dekadenya. Ia dituduh berpihak pada pemberontakan pejuang syiah Houthi yang telah menggulingkan Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi pada Februari lalu. Koalisi negara-negara Arab telah melakukan serangan udara terhadap Houthi dan pejuang yang bersekutu dengan Saleh sejak 26 Maret.
Sebelumnya, pejuang Houthi mengatakan menyambut positif upaya untuk mengurangi penderitaan rakyat Yaman sebagai tanda bahwa mereka akan menerima gencatan senjata. Namun, tidak diketahui apakah serangan terbaru ini akan mempengaruhi posisi tersebut. (rz)