Komandan Angkatan Bersenjata Turki Tampik Adanya Rencana Kudeta

Komandan Angkatan Bersenjata Turki İlker Başbuğ menampik rumor jika pihaknya tengah merencanakan serangkaian aksi untuk mengkudeta pemerintahan Turki sekarang ini. Başbuğ juga menegaskan, militer berjanji tidak akan melakukan hal itu sama sekali dan akan mendukung jalannya pemerintahan Turki dengan baik.

Başbuğ merilis penampikannya dan pernyataannya itu pasca rumor yang berembus kencang di Turki jika militer Turki akan melakukan aksi penggulingan terhadap pemerintahan. Pasalnya, beberapa hari yang lalu, polisi Turki menemukan beberapa berkas yang diduga berisi rencana-rencana kudeta di kantor salah seorang petinggi militer.

Dikatakannya, berkas-berkas yang kemudian banyak dipublikasikan oleh banyak media Turki itu tak lebih dari kampanye hitam yang menyudutkan dan hendak memecah belah pihak militer.

Koresponden Aljazeera di Ankara menyatakan, klarifikasi Başbuğ ini ditujukan kepada media-media pro pemerintah yang dipandang banyak mengkritik sayap militer Turki.

Beberapa hari sebelumnya, Başbuğ dan beberapa petinggi militer lainnya menggelar pertemuan dengan PM Erdogan dan staff pemerintahannya untuk mengklarifikasi isu panas ini. (L2/jzr)