Komandan Perang AS: Perang Afghan Akan Gagal

Menteri Pertahanan AS, Robert Gates bertemu dengan Jenderal David McKiernan di Afghanistan, kemarin (7/5) pukul 20.00 waktu setempat. Gates terbang ke Afghanistan sebagai persiapan pemberangkatan kembali pasukan ekstra tentara AS sejumlah 21.000 .

Mc. Kiernan mengatakan bahwa misi di Afghanistan akan gagal total jika Taliban berhasil diterima di Pakistan. Selama 40 menit, komandan perang AS itu berkata, “Apakah anda akan bisa mengakhiri Afghanistan dengan kemenangan jika anda gagal di Pakistan? Jawabannya mungkin tidak!”

Robert Gates bahkan memberikan perintah langsung agar AS mencegah Taliban jangan sampai ke Pakistan. McKiernan mengatakan bahwa AS setidaknya butuh 2 atau 3 tahun untuk bisa menguasai Afghanistan. IItupun dengan catatan bahwa AS akan sanggup melatih 134.000 tentara Afghanistan.

Menjelang pemilu Afghan, lebih dari 60.000 pasukan AS akan diparkir di negeri itu. Melihat betapa bernafsunya, AS jelas mempunyai kepentingan yang besar akan terpilihnya Hamid Karzai sebagai presiden berikutnya, karena Karzai seperti diketahui lebih merupakan pemimpin suruhan dan boneka AS belaka.

Tengah pekan ini, Karzai bertemu dengan Barack Obama, presiden AS di Washington untuk membicarakan keamanan di Afghan. Banyak pihak yang yakin bahwa pertemuan inilah yang membuat pasukan Udara AS menyerang provinsi Farah yang menewaskan sedikitnya 150 warga sipil. (sa/rzs/sme/re)