3 Milliar Dollar Setahun, Dari Amerika Untuk Israel

Seorang pejabat resmi pemerintahan Obama buka suara soal komitmen untuk mempertahankan program bantuan pertahanan Amerika yang berdurasi 10 tahun untuk Israel.

Andrew Shapiro, asisten sekretaris negara untuk urusan politik-militer, mengatakan dalam sebuah pidato pada hari Jumat kemarin bahwa pemerintah Obama sejak awal telah berkomitmen untuk menjaga kekuatan militer Israel atas negara-negara tetangganya.

"Teknologi membuat Israel lebih sulit untuk mempertahankan keamanannya," katanya pada Brookings Institution.

"Bahkan dengan periode anggaran yang sangat rawan, pemerintah (AS) akan tetap menghormati komitmen 10 tahun itu," tambahnya, merujuk pada perjanjian yang telah dikeluarkan oleh George W. Bush.

Dalam perjanjian itu Israel dijamin akan rata-rata mendapatkan bantuan senilai $ 3 miliar setiap tahunnya, selama sepuluh tahun mulai pada tahun 2007.

Shapiro menjelaskan manifestasi dari penguatan militer: bantuan AS kepada Israel; kerjasama erat dan konsultasi antara dua pertahanan masing-masing, dan perjanjian untuk tidak menjual bahan-bahan untuk tetangga israel yang bisa membahayakan Israel. (sa/jewishjournal)