Kondisi Tahanan Palestina Mengkhawatirkan

Navi Pillay, Komisioner Tinggi HAM PBB, mengungkapkan kekhawatirannya terhadap kondisi kesehatan para tahanan Palestina di penjara-penjara Israel, khususnya Samer Issawi yang telah mogok makan selama lebih dari 200 hari dan dilaporkan berada di ujung kematian.

Kepala HAM PBB  pada hari Selasa memerintahkan pembebasan segera atau pemberian dakwaan kepada para tahanan yang berada dalam “penahanan administratif”.

Dua warga Palestina lainnya – Tarek Qaadan and Jafar Azzidine – juga telah mogok makan selama 78 hari untuk memprotes kebijakan penahanan administratif Israel, di mana tersangka dapat dipenjarakan tanpa pengadilan atas perintah pengadilan militer. Perintah dapat terus diperbarui tanpa batas enam bulan dalam satu waktu.

Pillay mengatakan: “Seseorang dalam masa penahanan harus diberikan dakwaan dan diadili dengan garansi yudisial sesuai standar-standar internasional, atau segera dibebaskan.”

Issawi dibebaskan bersama dengan 1.000 tahanan lainnya pada pertukaran tahanan Oktober 2011 atas tindakan menangkap prajurit Israel, Gilad Shalit.

Ia kembali ditahan pada Juli 2012 dalam keadaan konflik oleh tentara Israel di dekat Hizma – Yerusalem dan setelah itu mulai melakukan aksi mogok makannya.

Issawi menginginkan dakwaan resmi dan menjalani pengadilan atau dibebaskan – ia mengatakan akan terus melakukan aksinya hingga tuntutannya dipenuhi.

Tahun lalu, sekitar 1.600 – 2.000 warga Palestina yang ditahan Israel, menggelar aksi masal mogok makan yang berakhir dengan perjanjian dengan pengurus penjara pada Mei 14, salah satu tuntutan mereka adalah pembebasan penahanan administratif. (DS/al-jazeera)