Kudeta 28 Februari Masih Teramat Terasa di Hati Masyarakat Turkiye

An armored tank rolls down a street toward the Akıncı Base in the Sincan district of the Turkish capital Ankara, on Feb. 4, 1997. (AA Photo)

26 tahun berlalu, kudeta yang mengukir jalur politik dan sosial baru untuk Türkiye masih melekat dalam memori.

Memorandum militer yang dikeluarkan oleh Dewan Keamanan Nasional (MGK) Türkiye pada 28 Februari 1997, yang pada saat itu disebut sebagai “kudeta postmodern”, masih menjadi kenangan mendalam bagi kesadaran kita setelah kejadian 26 tahun lalu tersebut.

Memorandum tersebut tampaknya biasa, namun kejadian tersebut merupakan puncak dari perburuan penyihir yang menargetkan Muslim konservatif di seluruh negeri, hal itu memicu serangkaian peristiwa, dimulai dengan pengunduran diri Perdana Menteri Necmettin Erbakan, yang akhirnya dikenal sebagai salah satu dari titik balik paling berpengaruh dalam sejarah politik Türkiye.

Dalam Kudeta terjadi pengambilalihan tanpa kekerasan di mana militer mempekerjakan taktik tekanan seperti mengeluarkan ultimatum dan memorandum. Namun, konsekuensinya terbukti agresif bagi kaum konservatif Turki di media, militer, peradilan dan birokrasi, yang tiba-tiba menjadi target tindakan keras. Selain itu, umat Islam, taat atau tidak, pro-pemerintah atau tidak, semakin menghadapi pergerakan kekuatan sekuler di mana-mana; Bahkan melakukan doa sudah cukup bagi siapa pun di sektor publik untuk masuk daftar hitam. Pemerintah Turki ke-54 pada saat itu dipelenggarakan oleh koalisi Partai Kesejahteraan Erbakan (Rp) dan Partai Path Benar kanan tengah (DYP). Hal kecil yang akan mengarah pada serangan luas pada konservatif pasca-FEB. 28, 1997, ditanam pada tanggal 28 Juni 1996, ketika koalisi berkuasa, sama seperti ketika militer itu khawatir tentang Erbakan karena kecenderungan konservatif partainya, menuduh bahwa agenda berbasis agama RP bermasalah dan mengancam sekularisme. Dan Kemalisme.

Kunjungan Erbakan ke Libya, untuk mempersatukan di antara anggota negara-negara berkembang-8 (D-8) dari negara-negara, dan keputusannya untuk menyelenggarakan tokoh-tokoh agama untuk makan malam Iftar Ramadhan adalah alasan yang memotivasi militer untuk meningkatkan tekanan pada pemimpin, menuduh Perdana Menteri Terlibat dalam “kegiatan reaksioner.” Keberatan mereka sebagian besar didukung oleh media arus utama dan kuningan top di militer. Namun, mereka akhirnya menyatakan ketidakpuasan mereka pada 4 Februari dengan mengadakan “parade militer” yang mencakup tank-tank di wilayah Sincan Ankara.

Mengikuti “parade,” wakil kepala staf umum Çevik Bir mengatakan parade ini dimaksudkan untuk “menstabilkan demokrasi.”

Walikota Sincan dan anggota RP Bekir Yıldız diberhentikan dari jabatannya dan ditangkap – bersama sembilan orang lainnya – setelah dituduh oleh otoritas militer telah “menghasut” masyarakat.

Pada 28 Februari 1997, MGK mengadakan pertemuan darurat yang berlangsung hampir sembilan jam, sesi tunggal terlama dalam sejarah dewan.

Pertemuan tersebut menghasilkan apa yang kemudian dikenal sebagai “Memorandum 28 Februari”, yang berisi daftar resolusi oleh militer Turki sebagai tanggapan atas apa yang dianggap sebagai “meningkatnya ideologi agama”.

Premis utama nota tersebut adalah untuk menutup sekolah imam hatip berbasis pendidikan Islam dan mencegah kegiatan keagamaan dengan dalih memisahkan agama dari negara.

Pada tanggal 21 Mei 1997, Kantor Kepala Kejaksaan di Mahkamah Agung mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi yang menyerukan penutupan RP, menuduhnya sebagai “pusat kegiatan ilegal, dengan beberapa anggotanya mengancam rezim sekuler. .”

Namun, hasil yang paling signifikan dari langkah tersebut adalah pelarangan perempuan berjilbab memasuki gedung-gedung publik, termasuk sekolah dan universitas.

Larangan ini menyebabkan jutaan perempuan muda melepaskan pendidikan mereka atau menderita saat mencoba menerima pendidikan yang layak.

Guru perempuan juga diberhentikan dari pekerjaannya jika mereka menolak melepas jilbabnya. Selain itu, praktik “ruang persuasi” yang dibenci diluncurkan di universitas, di mana siswa yang mengenakan jilbab akan “dibujuk” untuk melepas jilbab mereka di tengah ancaman pengusiran dari sekolah. Wanita berjilbab juga tidak diperbolehkan bekerja.

Kemudian Militer memaksa Erbakan untuk menandatangani sejumlah keputusan, termasuk larangan jilbab, menutup sekolah-sekolah yang menyediakan pendidikan Alquran, dan menerapkan langkah-langkah untuk memberikan kontrol militer atas media independen.

Pada 18 Juni 1997, militer melangkah lebih jauh, memaksa seluruh pemerintahan Erbakan untuk mengundurkan diri, meninggalkan jabatan perdana menteri di tangan Wakil Perdana Menteri Tansu Çiller, seorang anggota terkemuka DYP.

Dari hiruk pikuk itu muncul pemerintahan baru yang terdiri dari ANAP, Partai Kiri Demokrat (DSP) dan Partai Türkiye Demokrat (DTP) yang menggulingkan Erbakan, membubarkan partainya, dan mendudukkan pemimpin DSP Bülent Ecevit sebagai wakil perdana menteri yang baru.

Sekolah dan yayasan swasta yang diduga terkait dengan kelompok agama atau konservatif ditutup. Pada saat yang sama, umat Islam yang taat sebagian besar terpinggirkan dari institusi publik – termasuk lembaga pemerintah, universitas negeri, pegawai negeri, peradilan dan militer.

Kudeta yang terjadi tidak berdarah, seperti yang diklaim oleh para pemberontak, tetapi itu meninggalkan luka yang dalam bagi para korbannya, yang akan melihat hak mereka dipulihkan hanya beberapa tahun kemudian.

Seorang siswa yang terpaksa keluar dari universitas selama masa sulit mengenang bahwa kudeta tersebut “menyia-nyiakan impian dan kerja keras tidak hanya kami tetapi juga orang tua kami.”

Praktik diskriminatif universitas terhadap mahasiswa berjilbab pada saat itu “melawan martabat manusia,” kata Esra Ege Gürler.

“Semua tanda di papan pengumuman universitas, gerbang kampus, ruang kelas, ruang rekreasi, dan taman semua mengatakan tindakan akan diambil jika wanita berjilbab masuk. Ini mengingatkan kami pada rambu-rambu di AS yang melarang orang kulit hitam memasuki ruang putih,” kata Gürler.

“Tekanan dan larangan terus meningkat setiap hari. Itu tidak manusiawi dan tidak masuk akal; kami tidak bisa mempercayai mata kami, ”kenangnya. “Mengapa kita menjadi penjahat dalam semalam?”

“Masa itu lebih menyakiti orang tua kami daripada kami. Tapi keluarga kami tidak pernah campur tangan dalam keputusan kami (untuk putus sekolah) dan ingin kami mengambil tanggung jawab ini untuk hidup kami,” katanya.

“Saya tidak akan pernah melupakan wajah dekan kami yang menggerebek setiap ruang kelas untuk menemukan seorang gadis berjilbab dan bagaimana kami berjalan melewati kampus dan keluar dari gerbang setelah ditemukan,” kata Gürler.

Meskipun pendidikannya terputus selama 16 tahun, Gürler mengatakan dia tidak pernah berhenti merindukan pekerjaan mengajar. “Tujuan saya bukan hanya mencari pekerjaan tetapi untuk melakukan pekerjaan saya, untuk dapat menyentuh kehidupan siswa saya entah bagaimana,” katanya.

“Saat ini, beberapa orang mencoba membungkam kami dengan mengklaim bahwa masalah ini sudah berlalu, tetapi jika ini dilupakan dan alasannya tidak pernah dipikirkan, dan yang terpenting, kemungkinan hal itu terjadi lagi ditiadakan, pengulangannya sayangnya tidak dapat dihindari, ”pungkas Gürler.

Hanya lima tahun setelah 28 Februari, publik Turki memilih Partai Keadilan dan Pembangunan (Partai AK) yang diketuai oleh Presiden Recep Tayyip Erdoğan dalam pemilihan yang demokratis. Partai tersebut tidak pernah kalah dalam pemilihan sejak tahun 2002. Terlebih lagi, partai tersebut telah menerapkan banyak reformasi untuk mencegah campur tangan militer dalam demokrasi dan politik Turki.

Itu juga secara bertahap membatalkan larangan tersebut, mencabutnya untuk mahasiswa setelah tahun 2010, untuk pekerja publik pada tahun 2013, dan terakhir, untuk hakim perempuan pada tahun 2015 dengan perubahan peraturan.

Dalam keputusan penting pada tahun 2018, pengadilan Turki menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada 21 pejabat tinggi atas peran mereka dalam kudeta tahun 1997, sementara 68 tersangka lainnya dibebaskan.

Banyak orang lain yang berperan dalam kudeta menghindari penangkapan – karena usia tua atau masalah kesehatan – namun tetap dilarang meninggalkan negara itu.

[dailysabah]